Minggu, 26 Desember 2010

Pekik Camar di Tepian Majene

Diskusi yang sangat alot digelar oleh Forum Komunikasi Pemuda Majene (FKPM) pada saat Roadshow Pemuda Minggu (26/12/10) di Kecamatan Malunda. Roadshow ini ditujukan untuk sosialisasi FKPM dan diskusi pemetaan masalah di tingkat kecamatan Malunda. Diskusi ini dihadiri oleh Mahasiswa Unasman Malunda dan para pemuda yang masih memiliki keinginan untuk memperbaiki kondisi bangsa. Dalam diskusi yang alot, beberapa fakta-fakta social yang negative dan harapan para pemuda menjadi menjadi sentrum wacana.
Diantaranya (1) Meningkatnya kasus gizi buruk; (2) Sulitnya mendapatkan modal untuk berwirausaha; (3) Sulitnya melanjutkan sekolah/kuliah karena kekurangan biaya; (4) Tidak maksimalnya pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu; dan; (5) Minimnya fasilitas untuk mengakses informasi untuk meningkatkan pengetahuan. Dari analisis masalah tersebut kemudian dikembangkan menjadi sebuah rekomendasi bersama, yaitu :

  1. Mendesak Pemerintah Daerah untuk mengadakan program Sosialisasi Gizi secara berkala
  2. Mendesak kepada Pemerintah Daerah untuk mengoptimalisasikan pendataan masyarakat miskin.
  3. Mendesak Pemerintah Daerah untuk mengadakan perpustakaan kecamatan dengan fasilitas internet gratis yang bisa diakses secara umum.
  4. Menghimbau kepada Pemerintah Daerah untuk menyediakan beasiswa bagi mahasiswa strata satu (S1).
  5. Menghimbau kepada Pemerintah Daerah untuk mengadakan program kredit kewirausahaan pemuda.

Download : Daftar Hadir Diskusi Malunda

Dari kiri ke kanan : Abrar (Pengurus Harian FKPM), Ahmad Rivai (Koordinator FKPM), Paharuddin (Fasilitator Diskusi), Chazairin (Pengurus Harian FKPM)
Ketua Harian FKPM, Ahdiat sedang menyampaikan metode Brainstorming dan FGD

Peserta diskusi sedang menikmati FGD

Paharuddin (Co-Fasilitator) sedang mengarahkan diskusi


Peserta diskusi yang sangat antusias mengemukakan masalah-masalah sosial