Jumat, 14 Januari 2011

Panduan Penyelenggaraan Forum SKPD

Panduan Penyelenggaraan Forum SKPD memaparkan apa dan bagaimana menyelenggarakan dan memandu Forum SKPD yang lebih berpihak kepada masyarakat miskin dan perempuan. Melalui buku panduan ini diharapkan dapat membantu SKPD terkait dalam menjalankan fungsi koordinasi pembangunan dan memberikan pelayanan publik pada warga masyarakat.
Forum SKPD merupakan arena strategis dalam menentukan prioritas pembangunan sektoral terutama untuk SKPD yang paling terkait dengan pelayanan publik. Pada pelaksanaan Forum SKPD ini dipergunakan pendekatan perencanaan partisipatif (bottom-up) yang berasal dari hasil musrenbang kecamatan dengan pendekatan teknokratis yang dikembangkan SKPD berdasarkan kebijakan dan program prioritas daerah.

Kedua pendekatan perencanaan tadi menjadi dasar dalam membuat kesepakatan terkait dengan prioritas pembangunan SKPD. Selain itu, untuk memastikan bahwa prioritas pembangunan juga dapat menyentuh dan memenuhi aspirasi dan kebutuhan masyarakat miskin dan perempuan. Buku panduan ini memperkenalkan konsep kerangka hak dasar dalam pembangunan serta kriteria-kriteria yang lebih berpihak kepada masyarakat miskin dan perempuan. Hasil dari Forum SKPD diharapkan menjadi lebih tepat guna (berbasis aspirasi dari bawah) dan berorientasi pada pencapaian target pembangunan daerah (berbasis pada program prioritas dan isu strategis daerah).

Buku panduan ini bermaksud untuk memberikan kontribusi dalam mendorong pelaksanaan praktik perencanaan dan penganggaran di daerah yang lebih berpihak kepada masyarakat miskin dan perempuan. Dengan demikian Musrenbang dapat semakin menyentuh dan memenuhi aspirasi dan kebutuhan kehidupan kelompok masyarakat yang selama ini terpinggirkan.

Selengkapnya mengenai panduan ini silahkan di download di sini