Rabu, 19 Januari 2011

Resolusi FKTI Untuk Kemajuan Kawasan Timur Indonesia

Kawasan Timur Indonesia menghadapi berbagai tantangan pembangunan yang kompleks. Tantangan yang muncul adalah bagaimana menyelaraskan kegiatan pembangunan di kawasan ini agar sejalan, mengingat begitu beragamnya budaya, terpencilnya daerah serta tersebarnya penduduk di kawasan yang begitu luas.
Salah satu penyebab terjadinya  hambatan dalam penyelarasan dan harmonisasi program pembangunan adalah kurangnya informasi dan komunikasi antara berbagai pihak termasuk pemerintah, organisasi masyarakat sipil, mitra pembangunan inrternasional dan masyarakat terutama informasi mengenai hal-hal apa yang berhasil dilaksanakan dan apa yang tidak berhasil.

Selain menghadapi berbagai tantangan pembangunan, sebenarnya terdapat banyak sekali praktik cerdas yang berhasil dan dapat menjadi pelajaran berharga dari Kawasan Timur Indonesia yang dapat menjadi pembelajaran berharga dalam mengefektifkan upaya pembangunan. Inilah yang menjadi fokus utama Forum Kawasan Timur Indonesia dalam pertemuan tahunannya. Dengan memfasilitasi pertukaran informasi mengenai praktek cerdas, Forum Kawasan Timur Indonesia, menjadi sebuah forum tukar solusi dan dapat lebih baik mendukung para pembangunan untuk bekerja lebih efektif.

Forum Kawasan Timur Indonesia (Forum KTI) adalah Forum yang bersifat independent dan terbuka yang secara aktif mendorong dan mengembangkan kemitraan para pihak serta mendorong inovasi sosial dalam menjawab tantangan pembangunan di Kawasan Timur Indonesia. Anggota Forum KTI adalah para pembaharu dari kalangan pemerintah daerah, perwakilan pemerintah pusat, legislatif, akademisi, LSM, sektor swasta, organisasi masyarakat lainnya, dan mitra pembangunan internasional. Sejak tahun 2004, Forum KTI melaksanakan pertemuan tahunan yang mempertemukan setidaknya 200 individu pelaku pembangunan yang bekerja untuk Kawasan Timur Indonesia. Dalam pertemuan ini para pelaku pembangunan berkesempatan untuk berdiskusi dan saling belajar mengenai isu-isu pembangunan.

Mulai tahun 2009, dalam pertemuan tahunan diangkat praktik cerdas dari seluruh provinsi di KTI yang berhasil menjawab tantangan pembangunan pada tingkat lokal. Ini menjadikan Pertemuan Tahunan Forum KTI sebagai kesempatan yang sangat baik untuk bertukar solusi dalam kaitan mengefektifkan upaya pembangunan KTI.

Pertemuan Forum Kawasan Timur Indonesia V yang mengusung tema ”Praktik Cerdas untuk Kemajuan Kawasan Timur Indonesia” bertujuan untuk berbagi praktik cerdas, pengalaman, dan pelajaran mengenai kegiatan/program pembangunan dari tingkat lokal untuk meningkatkan rasa kepemilikan, penyelarasan, harmonisasi, serta memperbaiki pengelolaan program ke arah keberhasilan pembangunan nasional.

Berbeda dengan pertemuan-pertemuan pembangunan lazimnya, pertemuan Forum KTI V dikemas dengan pendekatan yang kreatif untuk mendorong terjadinya interaksi yang lebih dalam antar para pelaku pembangunan. Acara-acara dalam Pertemuan Forum KTI ini akan mencakup presentasi praktik cerdas dari provinsi-provinsi di Kawasan Timur Indonesia serta curah ide dan pengalaman kreatif para pelaku pembangunan. Bentuk kegiatan seperti resolusi kreatif juga akan menjadi bagian penting dari acara ini yang memungkinkan peserta untuk lebih memahami berbagai inovasi yang ditampilkan dan mendorong terjadinya replikasi.

Forum KTI V juga menyediakan ruang pameran bagi para pelaku pembangunan. Pameran ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mencipta dan mengelola program-program pembangunan yang inovatif. Pameran ini sangat strategis untuk mempromosikan gagasan-gagasan pembangunan dan sekaligus menjadi media komunikasi dengan para pelaku perubahan baik di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional. Pameran ini dapat menjadi bursa pengetahuan yang murah dan efektif.

Selengkapnya mengenai Resolusi FKTI untuk kemajuan KTI silahkan download di sini.