Minggu, 27 Maret 2011

Baik & Buruk Pengelolaan Lingkungan


Lingkungan adalah segala sesuatu yang hidup dan mati yang ada di bumi. Kondisi lingkungan sekitar sangat mempengaruhi pola hidup kita. Lingkungan yang bersih dan terpelihara akan membuat kita merasa nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas. Sebaliknya kondisi lingkungan yang buruk akan menimbulkan berbagai masalah, misalnya gangguan ekosistem1), berkurangnya bahkan hilangnya sumber daya alam, serta yang tak kalah penting dapat mempengaruhi kondisi kesehatan kita.


Akhir-akhir ini kita sering dihadapkan dengan isu-isu tentang kegiatan yang  erpotensi menimbulkan kerusakan atau gangguan lingkungan, seperti penebangan liar di hutan, pembakaran hutan, penggunaan terumbu karang untuk pembangunan jalan desa, pembuangan limbah rumah tangga/pabrik yang tidak tepat, dan tidak terkecuali kondisi tempat-tempat umum yang kotor. Kegiatan-kegiatan tersebut jika tidak segera dihentikan akan berakibat pada rusaknya ekosistem di lingkungan kita. Kalau ekosistem kita rusak, kehidupan kita di bumi juga akan hancur. Oleh sebab itu perlu dilakukan upaya-upaya untuk setidaknya mengurangi kerusakan lingkungan melalui pengelolaan lingkungan yang benar. Upaya-upaya tersebut bisa dalam bentuk misalnya merehabilitasi hutan, larangan pembuangan limbah ke lokasi yang berpotensi merugikan lingkungan, atau bisa juga dalam bentuk penyadaran kepada masyarakat akan bahaya yang mengancam kelangsungan hidup mereka.

Buku ini dibuat untuk membantu memberikan pemahaman khususnya kepada  masyarakat umum mengenai hal-hal yang berpotensi dapat menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan. Buku ini disajikan sederhana dan cukup jelas, menampilkan contoh-contoh baik dan buruk yang umumnya banyak kita jumpai di sekitar kita. Diharapkan buku ini dapat dipahami dengan mudah bagi masyarakat yang bukan dari kalangan teknik lingkungan, tetapi juga dapat digunakan oleh staff pemerintah, lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan, kalangan teknik sipil yang sering terlibat dalam pembangunan konstruksi serta kalangan lain yang mempunyai aktivitas berhubungan dengan lingkungan.
 
Download selengkapnya di sini